Uncategorized

Sepeda dari Masa ke Masa

Itu teh gambar apa …..?. Oooo….. itu, sepeda yang dibuat pertama kali oleh orang Jerman, Baron von Drais pada tahun 1817, trus dinamain Draisienne. Semuanya terbuat dari kayu. Cara pakenya, dengan mendorongnya kaki ke tanah. (hi hi hi ……. pastinya badan sehat kaki jebrag). Setelah sepeda yang itu trus bentuknya seperti apa lagi ya …..?. Tahun 1839, Kirkpatrick MacMillan mendesaian sepeda seperti ini

Dia adalah seorang pandai besi dari Skotlandia, sepeda hasil rancangannnya dibuat agar sepeda tidak digerakkan dengan menjejakkan kaki ke tanah dan dinamakan MacMillan Velocipede. Eeh …… kapan yah sepeda diproduksi secara masal ….. ?. Nah ………. kalau yang diproduksi secara masal yaitu pada tahun 1860, dirancang oleh orang perancis yang bernama Pierre Michaux, hasil rancangannya dinamain Michaux Velocipede.

Yang ngerancang pake metal kapan tuh………… ?. Klo yang ngerancang pake metal yang ringan orang Inggris, Reynolds pada tahun 1869, tapi hanya framenya aja, trus roda dari kayu tetapi dilapisi karet, karetnya dipakukan ke roda kayu. Sepedanya dinamain Phantom.( itu mah ban buta…… he he he)

Trus ….. trus …….
Terus…. Terus …. !!! emang aku tukang parkir…. Iya, maksudnya terusin ceritanya….. Tapi ntar traktir ya …….. Es Gokil…. kan haus cerita terus panas-panas gini. Iya deh…. Lanjut maaaang….
Tahun 1870 sebuah pabrik sepeda di Coventry Inggris mendesain sepeda yang diberi nama Ariel (ini mah bukan vocalisnya Band Peterpan heu… heu..). James Starley dan William Hillman mendesain si Ariel ini, dimana seluruh bagian sepeda dibuat dari metal.

Btw, ada yang roda tiga ga…… ? Nah itu dia……….. tahun 1876 sepeda roda tiga pertama diproduksi masal oleh Cobentry Lever yang dibuat oleh Starley dan diberi nama Salvo. Dilengkapi dengan lampu penerangan dan menjadikan kendaraan paling populer disana.

Kalo yang bisa pindah-pindah gear kapan tuh ……. ? Klo yang itu tahun 1878, nama sepeda nya Kangaroo. Yang menciptakan pemindahan gearnya adalah Otto dan Wallace, hasil ciptaannya dipatenkan oleh mereka berdua. Sepeda ini juga mulai dilengkapi dengan rem. Karena kecepatannya udah mulai cepet tuh.

Orang mulai memikirkan kecepatan sepeda, pada tahun 1879, Bayliss Thomas membuat sepeda yang nyaman dan lebih cepat, dilengkapi dengan pedal dari karet dengan berat sepeda hanya 22 kg.

Koq belum ngeliat yang udah pake rantai neh ………. Kapan ?. Sabar atuh……… kamu mah emang ga sabaran banget. Tahun 1879 juga mulai ada tuh yang bikin sepeda menggunakan rantai. Nama pembuatnya Harry John Lawson orang Inggris dinamain Lawson Bicyclette.

Nah ….. cikal bakal sepeda modern ini prototipenya dibuat tahun 1885, dibuat oleh John Kemp Starley keponakan si pembuat sepeda Ariel, James Starley. Dimana sepeda ini bentuknya seperti sepeda yang kita lihat sekarang. Ada sadelnya, rantai, rem dll deh. Sepeda ini dinamain rover.

Udah tuh ceritanya dah beres……….. sekarang tinggal Es Gokilnya….kapan ?. Kapan-kapan aja deh ya, bulan tua gini minta ditraktir…………… Caooooo makasih ceritanya.

Iklan

3 thoughts on “Sepeda dari Masa ke Masa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s