Opini

Dibalik Kemenangan Obama

Selesai sudah pertarungan 2 kandidat presiden Adidaya Amerika Serikat, antara Obama dengan McCain. Hasilnya sudah kita ketahui bersama, Obama lah yang keluar sebagai pemenang. Dengan pertarungan yang melelahkan dan berliku, terutama yang dialami oleh Obama, akhirnya rakyat Amerika memperoleh Presiden baru dengan menorehkan sejarah yang akan dicatat bukan hanya oleh rakyat Amerika sendiri tetapi oleh seluruh dunia, yaitu Presiden kulit hitam pertama, dimana hal ini menggugurkan mitos Pemilu di Negara Adidaya tersebut. Yang mana orang kulit hitam tidak mungkin atau bisa dikatakan mustahil menjadi pemimpin di negara yang masih mendengungkan perbedaan ras.

Yang menjadi pertanyaan, apa sih rahasia Obama sehingga dia dapat memenangkan pertarungan merebut kursi no 1 di Amerika Serikat ?. Ini yang tidak terpikirkan oleh saingan Obama dalam menerapkan strategi pemenangan pemilihan presiden Amerika Serikat, yaitu mengoptimalkan teknologi internet !!. Team sukses Obama sangat pintar menerapkan strateginya, disamping pintar membuat slogan pemilunya, sehingga slogan tersebut tepat mengenai sasaran dengan apa yang diinginkan oleh para pemilihnya. Disamping itu Obama memanfaatkan teknologi internet dan apa yang terkadung didalamnya, sampai-sampai dia membuat profile dirinya dalam social network di internet yang bernama facebook. Dengan membuat profile di situs social network internet, hal ini akan membuat efektif untuk mengcounter tentang hal-hal negatif menyangkut dirinya yang berkaitan dengan kampanye hitam (black campaign). Sehingga untuk orang-orang yang rasional yang menginginkan calon pemimpin yang berkualitas pastinya akan mencari tahu kebenaran dari kampanye hitam yang dilakukan lawan politik Obama, sehingga dengan adanya profile Obama di social network internet semacam facebook akan dengan sendirinya menambah keyakinan tentang siapa sebenarnya dia, apa dan bagaimana dia, bahkan pengunjung profilenya bisa meninggalkan pertanyaan yang tentunya bisa dijawab minimal oleh team kampanye Obama untuk memberikan informasi yang diperlukan pengunjung social network tersebut.

Tidak hanya itu saja, Obama pun memanfaatkan para penulis di internet atau yang tenar di sebut blogger. Dengan banyak dibahas oleh para blogger, secara tidak langsung menambah popularitas dia di komunitas para blogger bukan hanya di Amerika, tetapi para blogger dari seantero dunia. Baik yang menggunakan blog gratisan seperti WordPress, Blogger, ataupun blog pribadi dengan hosting domain sendiri. Yang mana pembahasan para blogger ini akan memperkaya apa dan bagaimana Obama di mata para blogger sehingga bisa menjadi referensi bagi para pemilih di Amerika untuk mencari tahu bagaimana sih dia di mata para penulis internet atau blogger itu, sehingga bisa menguatkan atau tidak ragu untuk memilihnya atau semakin menguatkan pilihannya untuk memilih dia menjadi presiden Amerika terpilih dengan menggali sebanyak-banyaknya informasi. Kemudian dia juga memanfaatkan layanan share video semacam youtube, media ini digunakan untuk menyampaikan pidato-pidato politiknya sehingga penggemar layanan video ini terutama anak muda akan lebih mudah memahami apa yang ingin dicapai seorang Obama apabila kelak dia terpilih menjadi Presiden. Video Obama di youtube ini diakses oleh jutaan orang, tidak terbayangkan bila orang-orang yang mengakses ini dikumpulkan di suatu lapangan, luarrrr biasa.

Tidak ketinggalan Obama juga membuat situs dirinya, hal ini untuk lebih memudahkan dia untuk melayani masyarakat yang ingin lebih dalam lagi menggali informasi tentang dirinya. Dimana dalam situsnya dia banyak menyampaikan tentang masalah politik, ekonomi ataupun kesehatan masyarakat Amerika, juga ada tersedia merchandise Obama yang mana uang hasil merchandise ini akan digunakan untuk keperluan dana kampanyenya.

Itulah dibalik kesuksesan Obama menjadi presiden Amerika Serikat, disamping memang mempunyai pribadi yang menarik, rendah hati dan jujur juga ditunjang dengan team sukses yang hebat dan memanfaatkan teknologi internet yang tidak dipikirkan oleh lawan-lawan politiknya, sehingga terciptalah suatu sejarah yang mudah-mudahan akan membawa perubahan bukan hanya untuk rakyat Amerika tetapi juga untuk rakyat internasional dimana pengaruh Amerika sangat terasa dalam tata hubungan antar negara di dunia. Semoga

Iklan

2 thoughts on “Dibalik Kemenangan Obama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s