Tips & Trik

Mencegah data-data di Komputer terkena virus dari Flashdisk

Aduh data word dan excel ku kena virus, padahal itu file-file penting. Siapa ya, yang masukin virus ke komputer ku ini ?. hmmm, baru ingat sekarang… kayaknya temenku itu yang bawa virusnya, soalnya tadi siang dia mau ngeprint filenya di flash disk. Nggak salah lagi pasti dia, soalnya setelah temanku ngeprint, data-data aku jadi kena virus…..

Aca caranya nggak agar data aku di computer nggak terkena virus..?. Ada atuh, untuk mencegah hal demikian, sebaiknya kita berhati-hati dengan penyimpan data semacam flash disk. Biasanya virus ditanamkan kepada flash disk secara otomatis apabila dalam komputer yang sudah bervirus, kemudian mengubah data-data word ataupun excel juga berbentuk folder. Sebaiknya sebelum explore isi flash disk di komputer, lebih baik jalankan prosedur manual (sedikit repot sih, tapi demi menjaga agar data kita aman dan komputer kita tidak kena virus), langkah-langkahnya adalah :

Pertama

Jika flash disk dalam mode autorun, jangan klik oke tetapi cancel, kalaupun si komputer langsung meng explore isi flash disk, tutup saja dulu jendela explorenya.

Kedua

Jalankan mode pencarian search, setelah jendela search terbuka klik menu tools pilih menu folder option, kemudian pilih menu tab view. Tandai radio button ke show hidden file and folders, hilangkan centang hide extentions for known file type, hilangkan centang Hide protected operating system files (Recommended), kalau muncul warning klik Yes saja, kemudian klik oke. (kalau menu foleder options tidak ada, ini tanda-tanda komputer sudah terkena virus !!)

Ketiga

Pada jendela search pilih menu All files and folders

search

Klik More advanced options, centang semua menu. Kemudian pada All or part of the file name ketikkan *.exe (ini untuk mencari terutama data word dan excel yang sudah terkena virus), pada Look in arahkan pada drive flash disk. Terus tekan search.

Keempat

Setelah komputer melakukan pencarian, sebaiknya view dalam mode details, klo belum ubah dulu dengan klik menu view atau toolbar view pilih menu details.

data-virus

Kalau hasilnya seperti pada gambar, pada kolom name disitu ada data word dan excel tetapi dibelakangnya ada tambahan exe kemudian pada kolom type tertulis application, sudah bisa dipastikan kalau data tersebut sudah terinfeksi virus.

Sebaiknya data tersebut jangan dibuka, kalau dibuka sudah bisa dipastikan komputer akan terkena virus, dan data-data excel juga word yang ada di komputer akan berubah seperti itu juga. Atau seperti gambar dibawah

folder-virus

Pada kolom name terlihat nama folder dengan tambahan exe dan pada kolom type dengan application. Ini juga virus. Lebih baik data dan folder yang sudah terkena virus dihapus saja.

Ulangi langkah Ketiga tetapi dengan mengetikkan *.scr pada All or part of the file name. Look in tetap diarahkan pada drive flash disk, kemudian search. Kalu pada kolom name terdapat folder dengan tambahan scr sudah dipastikan folder tersebut virus.

Oooo begitu yah, jadi jangan sembarang colokin flash disk ke computer, trus ikutin cara manual diatas tadi, selamatlah data-data aku di komputer.

Iklan

5 thoughts on “Mencegah data-data di Komputer terkena virus dari Flashdisk

  1. Virus di flasdiskakan jalan pada winXP klo system autorun masih aktif disetingan windowsnya, matikan system autorun nya juga, pake soft TweakUI GUI nya mudah bgt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s