Opini

Tantangan bagi Seorang Blogger Pemula

Ternyata untuk bisa menulis dengan rutin itu bukan pekerjaan yang mudah. Untuk para blogger pemula, tantangan pertama yang harus dihadapi adalah untuk bisa menulis dalam blog nya secara rutin. Apalagi kalau kita tidak terbiasa menulis, tantangan akan semakin besar, terkadang apa yang ada dalam pikiran atau benak kita sepertinya susah sekali untuk bisa diungkapkan atau dituangkan dalam tulisan. Apakah hal ini ada hubungannya dengan budaya bangsa kita yang memang belum sepenuhnya bisa meninggalkan budaya lisan ? atau ada faktor-faktor lainnya seperti dalam pendidikan kita yang memang kurang sekali dalam mendorong siswanya untuk menulis?.

Tetapi sebenarnya hal ini bisa kita atasi jika kita mempunyai keinginan yang kuat untuk mulai belajar menulis. Terkadang kita terlalu dibebani dengan pikiran-pikiran yang mengganggu seperti apakah tulisan kita akan dibaca orang ?, atau apakah nanti yang mengomentari tulisan kita membuat komentar yang pedas? atau apakah judul tulisan kita akan google friendly ?. Hal-hal semacam itu yang menjadikan blogger pemula menjadi kurang meng update blog miliknya. Ujung-ujungnya agar dapat mengupdate blog miliknya, yaaaa copasssss …… lebih mudah dan tidak mikir.

Itulah yang mengghambat seorang blogger pemula seperti saya ini. Untuk dapat menulis dengan rutin, yang terpenting tulislah apa yang ada dalam pikiran kita ataupun bisa perasaan kita, atau apapun itu jangan ragu. Sehingga nantinya kemampuan menulis kita semakin terasah. Dan yakinlah, kalau kita sudah terbiasa menulis, lambat laun kita dapat menentukan arah tulisan kita, lebih jauh lagi tulisan kita akan mempunyai ciri tersendiri, berbeda dari tulisan orang lain walaupun menulis tentang topik yang sama.

Jadi, mari segera menulis jangan ragu dan tetap semangat.

Iklan

5 thoughts on “Tantangan bagi Seorang Blogger Pemula

  1. Yang penting tetap semangat untuk menulis, untuk copy paste nggak berani, baiknya pasang link dan komentar ditulisan yang kita anggap bagus.
    Saya baru belajar.
    Salam Kenal.

  2. namanya baru pasti ada semangat yang ingin mengetahui sesuatu dan kita ingin informasi segala macam yang kita tuangkan dalam blog

  3. Wah kalau saya sebagai pemula, selain semua tantangan yang kang manztea sebut di atas, ada lagi tantangan yang lain; sel-sel otak yang sudah mulai menua. hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s