Opini

Dunia Maya : Wahana Baru Silaturahmi

Pemunculan teknologi informasi yang bernama internet, berkembang begitu cepat dan merubah orang dalam mencari informasi yang dibutuhkannya hanya dalam hitungan menit atau bahkan detik. Demikian juga dengan hubungan sosial, tidak hanya di dunia nyata, tetapi juga bisa menjalin hubungan sosial di dunia maya dengan adanya teknologi internet ini. Ajang silaturahmi di dunia maya sudah bukan barang baru lagi sekarang ini, dengan adanya situs-situs jaringan sosial di internet semacam friendster atau facebook. Sehingga internet membuka cakrawala kita dalam menyikapi perubahan sosial yang ditimbulkan oleh teknologi informasi yang bernama internet.

Dengan internet, seolah-olah dunia ini menjadi tanpa batas, dimana seseorang dapat berhubungan dengan orang lain tidak hanya hubungan lokal dimana orang itu berada tetapi dalam lingkup regional bahkan global. Artinya, kita masih dapat bersilaturahmi dengan keluarga atau teman-teman kita dimanapun mereka berada asalkan di tempat kita tinggal sudah tersedia jaringan internet. Untuk dapat memanjangkan silaturahmi dengan keluarga kita yang ada di luar negeri misalnya, kita dapat memanfaatkan Yahoo Messenger tidak hanya sebatas kata-kata, tetapi berkat teknologi internet yang semakin canggih kita dapat melihat lawan bicara kita di seberang sana dengan memanfaatkan web cam. Jadi internet dapat membantu kita untuk mempererat silaturahmi dengan biaya yang terjangkau meskipun teman atau keluarga kita jauhnya ratusan atau bahkan ribuan kilo meter jaraknya dari kita.

Blog juga menjadi salah satu tempat silaturahmi di dunia maya. Para blogger bisa mengunjungi blog-blog lainnya untuk melihat-lihat tulisan yang dibuat blogger lainnya juga bisa memberi komentar terhadap tulisan yang dibuat bahkan untuk lebih jauhnya bisa menjadi wahana untuk mendapatkan teman baru, meskipun kita hanya mengenal teman tersebut di dunia maya yang tidak mengenal secara fisik, tetapi kita dapat mengenal orang tersebut dari tulisan-tulisan yang dibuat atau komentar-komentar yang diberikan. Dari hanya saling mengunjungi blog masing-masing, akhirnya bisa mengenal sosok yang sebenarnya lewat pertemuan yang diadakan oleh para blogger.

Itulah fenomena yang ditimbulkan teknologi informasi yang bernama internet, kedatangannya benar-benar mengubah segi kehidupan manusia tidak hanya dalam hal pencarian informasi tetapi juga dalam hal hubungan antar manusia.

Iklan

2 thoughts on “Dunia Maya : Wahana Baru Silaturahmi

  1. Betul sekali, Saya sendiri lebih suka blogwalking daripada chatting, bisa dapet hal baru dan teman baru.

    Terima kasih linknya, juga sudah saya linkback sebagai “SAHABAT BARU.”

  2. Silaturahmi merupakan satu hal yang bermanfaat dari adanya Internet. Melalui blog, kita bisa bertemu dengan orang lain dan berbagi manfaat dengan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s