Uncategorized

Kode Etik Blogger, Perlukah ?

Dunia maya memang menjanjikan kebebasan yang tidak terbatas. Dunia maya menjadi suatu media baru untuk menyebarkan informasi yang efektif, baik informasi yang baik maupun informasi yang tidak baik. Blog sebagai suatu media yang berkaitan dengan dunia maya menjadi salah satu media paforit untuk menulis. Pemilik blog atau disebut blogger bebas apa saja yang ingin ditulisnya, sekaligus mempublish hasil tulisannya dengan tidak memikirkan cara mencetak atau cara menyebarkan tulisan tersebut, karena dengan media blog, sekali tulisan di publish, maka seketika itu juga dapat dilihat oleh orang dari berbagai penjuru dunia, bahkan berbagai kalangan.

Berkenaan dengan kasus komik  Nabi Muhammad di blog wordpress, yang mengadu domba antar umat beragama, timbul suatu pertanyaan “kebebasan seperti apakah yang ingin kita capai” ? Kebebasan yang sebebas-bebasnya tanpa peduli dengan aturan yang ada? Atau kebebasan yang ingin kita capai adalah kebebasan yang tentunya tidak melanggar batas-batas yang ada ?. Disadari atau tidak sekarang ini untuk menyebarkan informasi tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Kalau yang berwenang menyeberkan informasi adalah pihak pemerintah, pertanyaan selanjutnya adalah informasi seperti apa yang boleh disebarkan oleh para blogger ?. Diantara para blogger menyarankan untuk dibuat suatu kode etik blogger, tetapi blogger yang lain menyarankan biarkan apa adanya seperti sekarang ini, atau cukup dengan UU ITE saja ?.

Jadi, sebagai suatu cakrawala baru, perlukah kode etik blogger ?

Iklan

13 thoughts on “Kode Etik Blogger, Perlukah ?

  1. cukup dengan UU ITE dan UU Pers.
    update : blog saya sudah ada di daftar blog reaction di blog kang manztea, baru saya cek di technorati.
    Terima kasih, butuh perjuangan dan trick kalau ngeblog cuma pakai ponsel, dibantu aplikasi Opera Mini, dan juga UCWEB.

  2. Setuju banget!!.Tapi bagaimanapun juga,sebagai bangsa yg punya budaya malu dan sopan santun..seharusnya para blogger mengetahui “kode etik” itu sendiri.

    Tapi memang lebih baik jika bloggers Indonesia memiliki kode etik yg khas dari budaya timur kita.

  3. bebas boleh aja yang penting tetep saling menjaga perasaan dan memperhatikan etika yang ada, jangan sampai teknologi dugunakan untuk memecah belah umat manusia….

    SETIDAKNYA INI MEMBUKTIKAN DENGAN KASUS PELECEHAN KARTUN NABI MUHAMMAD ADALAH BUKTI BAHWA AGAMA ISLAM ADALAH BENAR, KENAPA SAYA KATAKAN SEPERTI ITU…..KARENA HANYA SATU AGAMA YANG TIDAK MENGANGGAPA NABI PEMBAWA AGAMA SEBAGAI TUHAN…..DISINI AJA SUDAH TERLIHAT.

  4. @bocahkureng
    Setuju cak
    @mbak cebong
    yups, kita harus punya tanggung jawab dengan apa yang kita tulis
    @Nahrawisagita
    Syukur deh kang….
    @gustidana
    setuju, kode etik dengan budaya kita….
    @ozant
    masa blog dibaca sendiri, kan ga rame ya kang heu heu
    @indra1082
    jangan lewat batas, kalo lewat tau sendiri deh ….
    @omiyan
    betul, tekonologi harus membawa manfaat unuk kita, manfaat positif tentunya

  5. kalo memang mau dibuatkan aturan mainnya, mungkin terlebih dahulu dipelajari dulu segala sesuatunya tentang dunia per-blogan ini…jangan sampe ketika aturan sudah dibuat ternyata ada hal lain yang terlewatkan, mungkin pd saat dibuat aturan hal tersebut belum ada/muncul…
    tp lebih baiknya tidak usah ada aturan yg mengikat, kejadian seperti itu khan hanya dilakukan oleh beberapa orang dari sekian ribu blogger yg ada di indonesia…

    oke deh , gitu dulu dari saya,
    salam kenal yah [sekalian hehehe..]

    piss,

    bonar
    http://sihotang407.wordpress.com

  6. Setuju. Kode etik sangat perlu bagi para blogger sekarang. Sekarang banyak sekali blogger yang ga segan-segan menyinggung kanan dan kiri pada postingnya. Seharusnya ada aturan khusus buat para blogger bagaimana postingannya itu bisa diterbitkan. Tapi melihat keadaan sekarang.. rasanya agak pesimis saya.. Ditambah lagi ‘anonim’ sudah meraja lela.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s