Opini

Ketika Tulisan Tidak Bermakna

Aktivitas menulis merupakan suatu aktivitas yang tidak semua orang melakukannya. Kegiatan tulis menulis pada suatu bangsa yang masih kuat sekali budaya lisannya, memerlukan suatu upaya yang sungguh-sungguh agar suatu tulisan menjadi bermakna. ADA memang orang-orang yang sudah mampu menulis dengan begitu bagus dan indahnya, sehingga tulisannya mempunyai WARNA tersendiri, dan mampu menyajikan suatu tulisan yang PAS sehingga dengan membaca tulisannya sudah membawa makna bagi pembacanya.

Namun, bagaimana jika tulisan yang kita tulis dianggap pembaca tidak mempunyai makna ?. Apakah kita akan berhenti menulis atau kita berusaha agar tulisan kita menuju arah kepada suatu makna ?. Sejatinya, suatu tulisan tidak ada yang tidak mempunyai makna, minimal tulisan akan mempunyai makna bagi penulisnya sendiri, perkara tulisan itu bermakna bagi yang membaca, itu hal lain. Untuk orang-orang yang aktivitas menulisanya sudah mempunyai jam terbang yang tinggi, hanya dengan FIVE MINUTES saja sudah tersaji suatu tulisan yang memikat. Isi tulisannya bisa membuat GIGI gemeletuk ataupun memanjakan MATA pembacanya. Untuk orang-orang yang baru melakukan aktivitas menulis, jangankan seperti itu, untuk menghasilkan suatu tulisan saja memerlukan perjuangan yang keras. Terlalu NAIF rasanya kalau kita para pemula mengharapkan TANGGA popularitas dalam bidang penulisan tanpa melalui suatu proses yang harus dilalui. Tetapi juga bukan suatu UTOPIA kalau sebenarnya kita bisa menjadi seperti itu, dengan catatan kita terus melakukan upaya yang tidak berhenti dan terus berlatih dalam menulis.

Jadi, jangan berkecil hati kalau tulisan kita dianggap tidak bermakna oleh yang membaca, setidaknya tulisan itu sudah bermakna untuk diri kita sendiri. Berjuanglah sekeras THE ROCK dan sekuat THE TITANS.

Iklan

19 thoughts on “Ketika Tulisan Tidak Bermakna

  1. @suwung:bukannya tehnik sipil, apa tehnik mesin ya, hidup blogger gaptek kang

    wekz kalo saya posting biasanya mendadak, tipe tipe five minutes, tpi seiring menit demi menit, tak edit dikit dikit


  2. @bocahkureng
    bloeh ……
    @Suwung
    Kalo Teknik SOE gimana ya….
    @cebong
    klo saya sih dipikir2 dulu, trus diukir2, yg jelek saya afkir tuh….
    @ircham
    tetap semangat nulisnya
    @rian
    THX….

  3. Menulis adlh seni. bagaimana kita sbg penulis menulis rangkaian kt mjd begt bermakna.

    wah, sungguh menakjubkan suatu tulisan. dr suatu kata2 bs dirangkai mjd sebuah kalimat atau quotation, paragraf, artikel, bahkan sampai cerita2 novel.

    ad kalimat (quotation yg bs begt menggugah, sampai sebegt dlmny. sungguh menakjubkan kekuatan dr kata2.

    yup! Utk menghasilkan hasil tulisan yg berkualitas, kita perlu proses yg membentuk& mengasah kita, mjdkan sbuah tulisan yg mengandung karya seni yg indah& memukau.

    Dunia tanpa kata2 yg bs dirangkai, bagaikan hampa. Good luck!!

  4. wah..saia kadang cuek lo sma penilain orang lain. tapi bukan berarti introvert juga sie …
    yah, intinya tetap semangat nulis ajah deh, soal dihargai ato tidak, bemakna dimata orang lain atau tidak, urusan belakangan, dan anggap aja bonus 😀

  5. Ini bukan sekedar posting biasa, berbobot, d’masiv, tidak mengandung bahasa slank, dan dapat dipastikan tidak akan menjadi boomerang bagi penulisnya.

    *om Manz, aku lg gak punya bahan utk ditulis, so help me*

  6. @rayeartth2601
    kebetulan
    @heri & hmcahyo
    Biar kesasar asal manfaat he he
    @Taufik
    boleh juga
    @Cantigi
    Sama-sama kang ….
    @Naidelyn
    ya itulah seni menulis
    @Namada
    Betul, semangat harus tetap dipelihara
    @Kang Deden
    Help apa ya kang …..

  7. Kang manztea memang paling bisa deh, saya menulis tentang hal yang saya tahu saja, pastinya bermakna dan bermanfaat buat saya sendiri, untuk orang lain terserah yang baca, itu juga kalau kebetulan ada yang nyasar ke tempat saya.

  8. Sangat motivatif mas, kalau saat ini tulisan kita dianggap kurang sejalan dengan pengetahuan yang kita dapatkan maka tulisan kita akan semakin bagus dan berisi
    suksess selalu buat anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s